Perkembangan teknologi komputer demikian pesatnya, yang memiliki fungsi awal sebagai alat bantu
dalam menyelesaikan persoalan dan masalah dalam segala bidang kemudian memasuki fungsi sebagai
penghibur. Hal ini ditandai dengan banyak produk-produk yang berbasis komputer dalam dunia
hiburan. Salah satu dunia hiburan yang banyak diminati adalah kartun.
Penggunaan komputer untuk menghasilkan kartun yang professional sudah dilakukan diawali dengan
kartun-kartun yang dibuat Hollywood Amerika Serikat yang menggunakan komputer. Di Indonesia
sendiri bermunculan forum-forum yang membahas tentang animasi kartun ini dan beberapa perusahaanperusahaan
yang memfokuskan diri di bidang animasi kartun.
Pembuatan animasi kartun ini jika ditekuni akan dapat menciptakan peluang-peluang kerja baru di
Indonesia. Dalam skripsi ini akan digambarkan cara membuat animasi kartun dengan menggunakan
Macromedia Flash MX.
Prinsip Dasar Animasi Karakter
Animasi karakter adalah teknik yang dibuat untuk menghidupkan peran-peran, menjadi suatu karakter
hidup dan manusiawi. Untuk menjadi karakter animator yang baik diperlukan perpaduan berbagai
keahlian. Untuk menjadi seorang animator, diperlukan penguasaan keahlian di bidang acting,
sinematography, dan pemahaman mengenai proses pembuatan film. Seorang animator juga harus
mengerti mengenai proses penceritaan yang baik, akan menarik perhatian penonton sehingga
memancing reaksi penonton yang menyaksikan, baik tertawa, sedih maupun gembira. Dengan kata lain,
seorang animator harus bisa mengekpresikan emosi tertentu kepada penonton, bukan mempertontonkan
serangkaian gerak yang tidak berarti.
Untuk mampu menghasilkan karya yang baik diperlukan penguasaan terhadap 12 prinsip dasar animasi.
Prinsip yang berlaku pada animasi 2D maupun 3D (termasuk paper dan clay animation) adalah
rangkuman sifat-sifat gerak di alam, terutama gerak manusia. 10 Prinsip pertama dikenalkan pertama
kali oleh Frank Thomas & Ollie Johnston dalam bukunya, Illusion of Life, tahun 1981. Lebih jauh lagi
John Lasseter, yang dikenal sebagai sutradara film Toys Story, menambahkan menjadi 12 dalam
makalahnya di SIGGRAPH 1987, yang berjudul "Principles of Traditional Animation Applied To 3D
Computer Animation".
Senin, 29 Maret 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar